Olahraga Basket

Olahraga yang digemari para remaja adalah olahraga bola basket. Olah raga ini merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu. Satu regu terdiri atas lima orang. Masing-masing regu berusaha untuk mencetak nilai dengan memasukkan bola ke dalam kerannjang lawan.

Bola basket biasanya dimainkan di dalam ruangan tertutup. Lapangannya pun realtif kecil sehingga memudahkan gerak dari para pemain. Para pemain basket menggunakan bola yang mudah dipantulkan. Cara membawa bola basket pun dengan cara dipantulkan atau drible.

Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga bernama Dr. James Naismith. Pada tahun 1891, dia mengajar di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Masachusetts.

Di sana, dia membuat sebuah permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa musim dingin di New England. Dia pun menciptakan permainan bola basket pada 15 Desember 1891.



Les Basket Banyak Dicari


Basket. Permainan yang lahir pada 1891 oleh Dr. Luther Gullick ini, sudah menjadi olah raga yang banyak diminati di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya orang yang mencari tempat les basket, baik untuk anak maupun keponakan mereka. Bahkan, untuk mereka sendiri. Ini salah satu indikasi bahwa begitu banyak yang ingin terampil bermain basket.

Hal ini disebabkan saat ini basket tengah menjadi primadona di Indonesia dibanding olah raga lain. Hampir di semua sekolah maupun lingkungan masyarakat, lapangan basket adalah lapangan yang wajib ada untuk menunjang kegiatan olah raga anak didiknya maupun warga sekitar.

Olah raga basket ini memang populer di hampir semua kalangan dan tingkat usia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya karena basket termasuk olah raga kardiovasikuler yang bisa melatih otot paha dan bahu serta cukup membakar banyak energi dengan gerakan-gerakannya.

Mulai memantulkan bola, menggiringnya, sampai memasukkan bola ke dalam keranjang. Perlengkapan yang sedikit dan sederhana juga membuat basket menjadi pilihan utama dibanding olah raga lain.

Bagi sebagian orang, bermain bola basket adalah permainan menyenangkan yang bisa menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Bahkan, tidak sedikit yang memilih olah raga basket sebagai mata pencaharian untuk mengisi pundi-pundi uang mereka. Seperti itulah para pemain-pemain profesional. Semakin terampil bermain, bayarannya semakin mahal.

Tidak sedikit juga mereka yang menyenangi permainan basket tetapi tidak bisa bermain basket. Mereka adalah penonton setia basket. Masuk akal memang karena pemain basket kebanyakan berpostur badan tinggi dan memiliki tampilan baik.

Hal itu mampu mengundang penonton yang banyak atau tidak sedikit juga golongan orang yang ingin bermain basket tetapi tidak bisa. Hal itu karena memang ternyata tidak mudah bermain basket. Untuk memainkannya, dibutuhkan ketangkasan yang cukup baik. Koordinasi gerakan yang stabil untuk menjadi pemain basket terampil, sangat diperlukan.

Masuk ke dalam tim basket suatu sekolah atau suatu klub adalah kebanggan bagi banyak orang. Mereka cenderung menjadi orang yang populer di sekolah atau lingkungannya. Wajar saja jika banyak orang yang ingin bisa bermain basket. Tidak hanya bisa, tetapi terampil bermain basket sehingga membutuhkan orang untuk melatih bermain basket.

Badan yang ideal, cara permainannya yang sederhana tetapi menyenangkan, kepopuleran serta menjanjikan uang banyak, menjadi pemicu orang-orang ingin bisa bermain basket. Untuk itu, tempat les basket saat ini sangat dicari dan diincar banyak orang.

Pada akhirnya, les basket bisa menjadi peluang usaha menjanjikan. Meskipun demikian, tempat les basket yang menghasilkan pemain-pemain bagus pasti akan diminati banyak orang. Seharusnya, para pengusaha les basket tidak menjadikan tempat les sebagai bisnis saja, tetapi kualitas pemain yang dihasilkan dari tempat tersebut pun harus diperhatikan.



0 komentar:

Posting Komentar